FILE FORENSIK MENGGUNAKAN APLIKASI DISK DRILL


Di hampir semua filesystem, jika menghapus sesuatu, maka data tidak benar-benar di hapus, hanya ditandai bahwa spacenya bisa dipakai oleh file lain. Untuk sistem yang tidak banyak aktivitas tulis (tidak sibuk) misalnya kamera, maka space akan bisa dipakai sampai kita memfoto lagi. Untuk sistem yang sibuk, misalnya sistem multi user, file yang dihapus akan segera ditimpa oleh orang lain. File forensik adalah suatu metode dari digital forensik yang mempelajari bagaimana mengembalikan file yang telah terhapus pada suatu disk bisa di recover atau di kembalikan seperti semula maupun disk tersebut telah di format.

Aplikasi Recover adalah salah satu aplikasi yang paling penting dimiliki karena aplikasi ini memungkinkan dalam mengembalikan File atau Data yang terhapus permanen dengan sangat mudah dan simple, dimana pengguna hanya melakukan Klik pada setingan dan menunggu Aplikasi melakukan Recovery maka data yang anda perlukan yang terhapus tadi bisa di kembalikan seperti semula. Salah satu Aplikasi terbaik yang saya gunakan adalah Disk Drill.

Langkah-langkah Pengembalian file pada aplikasi Disk Drill:

  1. Sebelumnya siapkan disk / flasdisk yang telah di format atau di hapus beberapa file. Saya ambil contoh di bawah ini flasdisk telah saya format dan saya coba masukan 2 file folder.
  2. Download aplikasi Disk Drill lalu install, saya telah menginstall melalui https://7datarecovery.com/download/
  3. Setelah pilih Continue Basic maka muncul beberapa Disk yang ada di komputer, baiknya aplikasi ini bisa juga merecovery file disk yang ada di sistem windows atau Local Disk. Tapi pilih data flashdisk saja nama disknya adalah “Kingston Data Traveler 2.0 USB Device”.
  4. Pilih Recover/ continue seperti gambar di bawah ini  untuk mengetahui file apa saja yang terhapus atau yang telah di format. Gambar di bawah ini juga terlihat space memory yang terpakai atau sisanya.
  5. Maka muncul beberapa file yang di temukan yaitu  Found Files sebanyak 582 file dan Reconstructed Files sebanyak 24 , pilih Found Files.
  6. Muncul beberapa file bahkan semua file baik itu yang telah terhapus atau yang telah di format. Silahkan pilih jenis file yang ingin di kembalikan.
  7. Saya coba pilih folder folder “ Tugas Bahasa Inggris” disitu terlihat ada 3 file, kemudian centang pada folder tersebut seperti yang ada pada gambar di bawah ini.
  8.  Pada fitur Recover to  , pilih disk atau tempat untuk mengembalikan file yang di inginkan, saya pilih di simpan atau di kembalikan pada flashdisk. Caranya pilih browse kemudian pilih Removable Disk lalu klik OK.
  9. Lakukan proses Recover data , maka akan muncul notifikasi seperti gambar di bawah ini, pilih Yes.
  10. 1.      Muncul notifikasi “ Data Recovery finished” artinya data berhasil di kembalikan.
  11. 1.     Lihat pada flashdisk apakah data benar- benar ada atau tidak, dan hasilnya bisa terlihat seperti gambar yang ada di bawah ini, folder “Tugas B inggris” muncul pada disk tersebut.

  12. 12. File bisa terlihat dan di buka kembali terlihat seperti gambar yang ada di bawah ini.

Kesimpulan :

Aplikasi Disk Drill ini sangat mudah sekali digunakan, aplikasi ini memungkinkan dalam mengembalikan File atau Data yang terhapus permanen dengan sangat mudah dan simple, dimana pengguna hanya melakukan Klik pada setingan dan menunggu Aplikasi melakukan Recovery maka data yang anda perlukan yang terhapus tadi bisa di kembalikan seperti semula. Aplikasi ini juga cocok bagi pemula yang ingin belajar bagaimana melakukan File forensik dalam untuk kegiatan digital forensik.

Terima kasih.

Komentar